Apa itu VR Google Cardboard?

Kemajuan teknologi dari waktu ke waktu semakin menarik saja, salah satunya proyek Google yang satu ini bernama Google Cardboard. Pertama kali diperkenalkan secara publik pada konferensi Google I/O bulan Juni 2014 di San Fransisco, dan mendapat sambutan hangat terutama para developer setelah mencobanya secara langsung.. Apa itu Google Cardboard? Google Cardboard adalah sebuah perangkat berupa kacamata kardus ramah lingkungan untuk menjalankan aplikasi berkonsep  simulasi 3D VR (Virtual Reality). Lebih jelasnya, pengguna seolah - olah akan dibawa masuk dalam dunia simulasi virtual dengan sensasi yang mengesankan. Produk ini dibuat atau dirancang oleh Damien Henry dan David Coz dari Google Cultural Institute. Terobosan ini sudah dipastikan akan bersaing dengan proyek virtual reality Oculus Rift yang diketahui lebih terfokus untuk kemajuan video game.


Awal mula Google Cardboard tampak berupa kertas karton dengan pola - pola seperti origami lengkap dengan petunjuknya. itu artinya pengguna dipersilahkan untuk merakit sendiri. Dilengkapi 2 lensa, 4 perekat dan sebuah magnet berbentuk cincin untuk navigasi wireless magnetic (pada sisi luar bagian kiri). Cara kerjanya sendiri dengan menaruh Smartphone android Sobat di dalam Cardboard lalu menggunakannya sebagai kacamata headset. Layar akan terbagi menjadi 2 bagian untuk mata kiri dan kanan, nantinnya akan tetap terlihat utuh menyatu karena desainnya menyesuaikan fokus penglihatan mata secara normal. Grafis akan menyesuaikan secara otomatis ketika Sobat menoleh, menunduk, mendongak, berputar 360 derajat ataupun saat bola mata bergerak.

Perangkat ini beroperasi menggunakan aplikasi dengan nama serupa dan dapat di unduh melalui Play Store. Sedangkan yang dapat di ilustrasikan bisa berupa foto, video, kamera, streaming youtube, google map, game/aplikasi (dengan keterangan virtual reality) dan lain sebagainya. Sedangkan persyaratan spesifikasi smartphone yang cocok untuk Google Cardboard di antarnya Sistem Operasi v4.1 Jellybean keatas, layar antara 4,5 - 6 inchi, berfitur sensor Gyroscope dan Accelorometer. Harganya sendiri kisaran 70rb - 300rb Rupiah dan sudah dijual di berbagai online shop di Indonesia. Jika ingin lebih menghemat biaya, Sobat dapat pula membuatnya sendiri berdasarkan desain yang sudah disediakan pihak Google. Berikut ini video penjelasan lebih lengkap tentang pertanyaan, Apa itu Google Cardboard?



Baca Juga artikel menarik RYB di bawah ini :
- Skateboard Melayang Pertama di Dunia 
- Cara Cepat Kunci Folder dengan Password

0 Response to "Apa itu VR Google Cardboard?"

Post a Comment

wdcfawqafwef