PENTING!! 10 Cara Menghadapi atau Menghindari Begal

Begal adalah salah satu bentuk kejahatan perampasan motor yang kerap terjadi akhir - akhir ini. Tidak hanya merampas saja, jika si korban sedang apes nyawa pun bisa melayang. Ya, karena pelaku begal dikenal sangat sadis dan tidak segan untuk melukai hingga menghabisi si korban hingga tewas. Hal ini menyebabkan masyarakat geram dan resah setiap kali hendak berkendara.
 
10 Cara Menghadapi atau Menghindari Begal
 
Biasanya pelaku Begal lebih dari satu orang dan membawa senjata tajam. Jalanan sepi dan gelap menjadi lokasi favorit melancarkan aksi meskipun juga tak terkecuali mereka terkadang nekat beroperasi di siang bolong. Bagi masyarakat pengendara motor harus ekstra waspada dan tak boleh lengah sedikitpun setiap melaju di jalan agar selamat sampai tujuan. Oleh karena itu, berikut ini RYB ingin berbagi tips penting tentang 10 Cara menghadapi atau Menghindari Begal :
1. Kenali lebih jelas jalur yang akan dilalui, atau bahkan jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar tentang keamanan daerah tersebut.
2. Tingkatkan kemampuan mengendarai, karena begal biasanya melihat sasaran empuk bagi pengendara yang terlihat biasa - biasa saja tanpa kemampuan khusus, seperti keseimbangan, pijakan kaki yang kuat atau melaju dengan kecepatan tinggi. Semua itu terlihat dari cara mengendarai dengan kecepatan konstan dalam waktu lama.
3. Pakai perlengkapan secara benar, seperti helm SNI, jaket, sarung tangan dan sebagainya untuk mengurangi atau melindungi dari cidera saat terjatuh.
4. Pasang kaca Spion yang sesuai, karena sangat penting untuk mengetahui kedatangan seseorang yang mencurigakan dari belakang. Marak saat ini kaca spion disepelekan bahkan dianggap tidak penting dan merusak penampilan terutama bagi anak muda.
5. Pelajari seni bela diri, paling tidak mengetahui dasar - dasarnya. Jika tidak ada waktu untuk pergi kursus bisa manfaatkan luasnya pengetahuan di media internet kapan saja seperti streaming youtube. Cari video tutorial bela diri atau teknik dasar mengunci, pelajari dengan seksama. Atau bisa bergabung jika ada komunitas khusus untuk saling berbagi pengalaman.
6. Jika sudah benar - benar terpojok oleh Begal, jangan nekat melawan dengan kemampuan terbatas. Nyawa lebih penting dibandingkan sebuah motor, terlebih jika pelaku menodongkan senjata api. Namun jika ada kesempatan pastikan mengingat ciri - ciri pelaku entah itu postur tubuh, jenis motor dan sebagainya.
7. Jangan menyimpan barang berharga di motor, simpan di tas atau saku seperti halnya handphone menjadi barang penting untuk keadaan darurat terlebih lagi jika jauh dari bantuan sekitar. Pastikan selalu terisi pulsa, simpan nomor - nomor penting seperti rumah sakit atau nomor kantor polisi terdekat.
8. Jika Begal tidak peduli melukai meski kita sudah menyerah, lari dan berlindung ke pemukiman warga terdekat, bunyikan klakson berulang - ulang sebagai tanda bahaya. Namun jika perkelahian tak terhindarkan, pukul dibagian vital pelaku seperti di tenggorokan gunakan pensil atau bollpoint yang selalu siap di saku baju atau jaket.
9. Jangan memaksakan diri berkendara dengan kondisi kurang fit atau lesu, karena dapat membuka kesempatan tindak kriminal siapa saja bahkan bagi orang awam yang bukan Begal sekalipun.
10. Sebagai manusia bermoral dan beragama, selalu berdoa untuk keselamatan diri maupun orang yang kita sayang. Karena segala nasib kita kembali lagi atas kuasa Tuhan, semoga kita senantiasa diberi keberuntungan dan perlindungan. Karena bantuanNYA bisa saja datang melalui tangan orang lain.

Itulah 10 Cara Menghadapi atau Menghindari Begal. Semoga pihak berwajib dapat dengan tuntas mengatasi aksi kriminal mengerikan ini. Kasus begal bisa terjadi kapan atau dimana saja tanpa kita sadari, maka dari itu semoga tips trik penting di atas bisa memberi gambaran tentang apa yang harus dilakukan ketika mengalami peristiwa secara langsung.
 
Silahkan Sobat bisa share artikel ini ke teman atau keluarga. Pengalaman adalah guru yang luar biasa, maka dari itu jika Sobat punya tips lain berdasarkan cerita atau pengalaman pribadi. Silahkan bisa share melalui komentar di bawah agar pembaca lainnya turut belajar dari pengalaman sobat tersebut. Terima kasih.

 

1 Response to "PENTING!! 10 Cara Menghadapi atau Menghindari Begal"

  1. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Mengatasi begal berikut artikel yang terkait tersebut di CARA MENGATASI BEGAL DI JALAN DENGAN AMAN DAN SELAMAT

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu,, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    ReplyDelete

wdcfawqafwef