Sejarah Berdirinya Youtube dan Video Pertamanya

Sejarah Berdirinya Youtube dan Video Pertamanya - Jika saya bertanya, apakah Sobat pernah buka Youtube? Pasti jawabannya, Ya. Kalau pun ada yang menjawab "Belum Pernah", mungkin Sobat baru saja nyemplung jadi Netizen (Julukan Warga Pengguna Internet) dan saya ucapkan selamat datang di Dunia Maya. :D

Sejarah Berdirinya Youtube dan Video Pertamanya
Namun kemungkinannya sangat kecil mengingat pengguna Internet kini semakin luas dan merata. Terlebih Youtube merupakan situs besar peringkat ketiga yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia setelah Google dan Facebook. Nah, kali ini saya akan membahas sejarah berdirinya Youtube dan video pertamanya.

youtube logo Sejarah Berdirinya Youtube dan Video PertamanyaYoutube didirikan tahun 2005 oleh tiga mantan karyawan Paypal. Mereka adalah Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Hurley mengenyam pendidikan desain di Indiana University of Pennsylvania. Sedangkan Steve dan Karim sama - sama belajar ilmu komputer di University of Illinois Urbana-Champaign.

Youtube adalah situs sharing atau berbagi video yang paling terdepan saat ini. Kita bisa mencari beragam konten berupa klip film, musik, tutorial, dokumenter, video amatir, pribadi dan sebagainya. Terbentuknya situs Youtube oleh ketiga pria ini disokong investor senilai $11,5 Juta dari firma capital yang didirikan Don Valentine yakni Sequoia Capital. Selain Youtube, firma kapital ini diketahui telah menjalin hubungan dengan banyak perusahan terkenal seperti EA (Electronic Art), Paypal, Google, Yahoo dan masih banyak lagi.

Apa pengertian dari Subscribe?
Dalam situs Youtube ada istilah Subscribe yang bermakna mengikuti si pengunggah video, sedangkan Subscriber adalah  orang yang mengikuti. Seperti halnya istilah Followers pada sosial media Twitter. Fungsi dari Subscribe nantinya agar mendapat pemberitahuan video terbaru dari si pengunggah atau sama halnya dengan berlangganan. Tombol Subscribe biasa telihat di bawah video berupa kotak kecil berwarna merah.

Cara upload video ke Youtube juga sangat mudah. Username atau Chanel diperlukan agar Sobat dapat melakukan aktivitas subscribe, berkomentar atau upload video dengan syarat memiliki akun Gmail atau Google Plus. Secara mobile, aplikasi Youtube juga tersedia untuk berbagai sistem operasi smartphone, seperti Android, IOS dan lain-lain. 

Sejarah Berdirinya Youtube dan Video Pertamanya - Youtube sendiri mulai diresmikan pada November 2005. Mengalami peningkatan pesat dari tahun ke tahun dimulai dari pertengahan tahun 2006 saja, situs ini telah melayani upload sebanyak 65,000 video dan ratusan juta pengunjung setiap harinya. Oleh karena itu, perusahaan besar Google Inc. sangat tertarik membeli situs ini hingga merogoh kocek $1,65 miliar di bulan Oktober di tahun yang sama.

Peningkatan demi peningkatannya pun semakin pesat. Pada tahun 2010 contonya, situs yang otomatis terintregasi dengan Google Plus ini mencapai hingga 2 miliar video ditonton per hari. Angka ini terus meroket hingga kini dengan jumlah berkali lipat. Berdasarkan pernyataan dari pihak Youtube, tercatat total durasi 60 jam video diupload setiap menitnya dan terus berkesinambungan. Kantor pusat Youtube berada di San Bruno, California.

Kantor Pusat Youtube
Kantor Pusat Youtube, Google Map, Youtube Office
courtesy image www.wikipedia.org
Konsep pengertian Youtube kini dikenal bukan sekedar untuk sharing video lalu ditonton saja. Melainkan dapat dimanfaatkan pula bagi pelaku kreatif yang ingin menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Seperti Vlog (Video Blog) dan semacamnya yang mana pundi-pundi hasil yang didapat berasal dari iklan Google Adsense.

Nah, sudahkah Sobat tau video pertama yang diunggah ke Youtube? Ada satu video berdurasi berdurasi 19 detik, diunggah pada tanggal 23 April 2005 berjudul Me At The Zoo. Video ini merupakan salah satu tonggak sejarah video pertama Youtube dan telah ditonton sebanyak 26 Juta lebih. Diupload oleh Jawed Karim salah satu dari pendiri Youtube sendiri dengan username bernama Jawed,  berlokasi di kebun binatang San Diego di depan kandang gajah. Berikut ini videonnya :


Begitulah sekilas mengenai Sejarah Berdirinya Youtube dan Video Pertamanya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan umum Sobat di dunia Internet. Sekian, sampai jumpa di artikel RYB berikutnya. Terima kasih.

sumber : www.wikipedia.org

- Fenomena Pria Bermuka Dua Edward Mordrake, SEREM!! ..>>
- Aktor Film Jason Statham Masuk Islam, Apa Benar? ..>>

0 Response to "Sejarah Berdirinya Youtube dan Video Pertamanya"

Post a Comment

wdcfawqafwef